10 Tips Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Kami akan membagikan beberapa tips membeli motor bekas, supaya Anda tidak tertipu.  Dalam membeli barang bekas atau second memang harus sangat berhati-hati karena mungkin saja mendapatkan barang yang sudah tidak layak pakai.

Jika memiliki uang yang cukup sepertinya orang-orang akan lebih memilih untuk membeli motor baru. Akan tetapi, sebagian orang memutuskan untuk membeli motor bekas karena hanya lebih murah sehingga dianggap lebih terjangkau.

Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa tips membeli motor bekas. Sekarang ini ada banyak sekali modus penipuan dalam pembelian barang-barang bekas.

Apalagi, bagi Anda yang berminat untuk melakukan pembelian motor second secara online. Anda harus sangat berhati-hati karena ada banyak sekali modus modus penipuan mengenai jual beli motor bekas.

baca juga: 10+ Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Tips Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas adalah pilihan yang sangat tepat ketika memiliki dana dalam jumlah yang terbatas. Berikut beberapa tips dari kami untuk membantu Anda menemukan motor bekas yang masih memiliki kualitas baik.

1. Melakukan Pengecekan Harga Pasaran

- Advertisement -

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui harga pasaran motor bekas yang ingin dibeli. Ini Akan sangat berguna untuk membantu anda tidak mendapatkan harga yang terlalu mahal ketika ingin membeli motor second.

Anda juga harus berhati-hati, ketika mendapatkan motor second dengan harga yang terlalu murah dan dirasa tidak rasional. Karena, ini merupakan salah satu modus penipuan yang cukup sering terjadi.

2. Melakukan Pengecekan Nomor Rangka Dan Juga Mesin Motor

Tips membeli motor bekas selanjutnya yaitu melakukan pengecekan nomor rangka dan mesin motor. Ini Merupakan salah satu hal yang sebenarnya jarang sekali dilakukan oleh orang-orang ketika membeli motor bekas.

- Advertisement -

Padahal ini adalah hal yang sangat penting dalam kan supaya nantinya Anda bisa mengetahui mengenai Apakah surat-surat pada motor memang asli atau bukan.

3. Pengecekan Kondisi Fisik

Pengecekan kondisi fisik kondisi fisik menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Dalam melakukan pengecekan kondisi fisik harus dilakukan dengan sangat teliti.

Karena, mungkin saja terjadi kerusakan retak atau pecah pada bagian-bagian yang sulit untuk terlihat. Perhatikan juga apakah komponen-komponen yang menempel merupakan komponen original atau sudah diganti.

4. Cek Kondisi Oli Motor

Tips membeli motor bekas selanjutnya yaitu melakukan pengecekan pada bagian oli yang ada di dalam mesin. Perlu Anda ketahui jumlah oli yang berlebihan ini bisa menyebabkan suara mesin menjadi lebih halus.

- Advertisement -

Ini merupakan hal sederhana yang mungkin perlu Anda ketahui supaya nantinya tidak tertipu dengan suara mesin yang halus padahal sebenarnya kasar atau berisik.

5. Cek Speedometer

Ini merupakan salah satu bagian yang harus dilihat dengan baik ketika akan membeli motor bekas. Usahakan untuk membeli motor dengan km yang masih rendah.

Usahakan untuk membeli motor bekas yang masih dibawah 20000 km. Karena ketika Anda membeli motor bekas yang lebih dari itu mungkin saja harus melakukan beberapa perbaikan pada mesin supaya bisa bekerja dengan maksimal lagi.

baca juga: 10 Aplikasi Cari Kerja Terpercaya, Solusi Buat Anda

6. Melakukan Pengecekan Pada Bejana Rangka Dan Sasis Motor

Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan kelurusan antara roda depan motor dengan roda belakang. Pastikan juga tidak ada kebengkokan rangka atau sasis motor.

Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecekan yaitu adalah menjalankan motor dengan kecepatan 40 KM per jam. Setelah itu, Anda bisa melakukan pengereman secara mendadak dengan hati-hati.

Hal seperti itu akan sangat berguna untuk mendeteksi Apakah sasis dan poros stang masih lurus. Ini juga menunjukkan jika motor sulit dikendalikan atau tidak ketika digunakan.

7. Cek Kebocoran

Sangat penting bagi anda untuk memastikan jika tidak ada kebocoran pada oli mesin. Cara untuk melakukan pengecekan yaitu dengan menjalankan motor lebih lama yaitu sekitar 500 meter.

Perhatikan juga, apakah ada kebocoran pada bagian radiator jika motor second yang ingin anda beli menggunakan radiator.

8. Cek Kondisi Kelistrikan

Tips membeli motor bekas berikutnya yaitu melakukan pengecekan kelistrikan dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu mengenai lampu motor depan dan belakang, lampu rem, lampu sein,  klakson, speedometer, dan masih banyak lagi lainnya.

Apabila semuanya masih berfungsi dengan normal itu artinya kelistrikan pada motor yang ingin anda beli masih bagus.

9. Cek Kondisi Roda

Roda adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli motor bekas. Jika terlihat antara ban depan dan juga bangun belakang tidak lurus mungkin saja motor Jatuh atau mengalami kecelakaan.

Perhatikan juga ban motor apakah masih memiliki grid atau sudah aus. Jika memang sudah aus alangkah baiknya anda segera melakukan penggantian supaya lebih aman dan nyaman ketika digunakan.

10. Test Ride

Tips membeli motor bekas yang terakhir dan tidak boleh dilupakan yaitu adalah test ride. Ini merupakan salah satu hal yang sepertinya wajib untuk anda lakukan supaya mengetahui bagaimana kenyamanan ketika dikendarai.

Dengan Mengendarainya secara langsung nantinya kamu bisa mengetahui apakah memang motor ini masih dalam keadaan bagus atau tidak.

baca juga: 10+ Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan Smk, Simak Baik-Baik

Dalam memilih motor memang harus dilakukan secara hati-hati dan mungkin Anda harus bersabar supaya bisa mendapatkan harga yang sesuai. Beberapa tips membeli motor bekas yang kami bagikan, semoga bisa membantu Anda menemukan motor bekas dengan kualitas terbaik.

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Team Zulletin.com
Team Zulletin.comhttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini