5 Cara Mengganti Nama Link Google Drive

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cara mengganti nama link di Google Drive menjadi hal yang cukup penting untuk anda ketahui. Google Drive sendiri merupakan salah satu media penyimpanan online yang diberikan oleh Google secara gratis.

Untuk Anda yang menggunakan layanan masyarakat biasanya memiliki batas penyimpanan mencapai 15 GB saja. Ketika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar maka harus membayarnya.

Orang-orang banyak yang suka menggunakan layanan Google Drive karena selain aman juga memberikan kemudahan dalam hal akses. Ketika file disimpan pada Google Drive maka bisa diakses menggunakan berbagai macam perangkat.

Mengapa Harus Mengganti Nama Link Google Drive?

Sebelum membahas mengenai cara mengganti nama link Google Drive, kami akan memberitahu anda mengapa perlu untuk mengganti nama link dari Google Drive.

Biasanya link dari Google Drive itu terdiri dari huruf acak yang tidak beraturan. Tentu saja ketika mengirimkan link dalam bentuk seperti itu akan menyulitkan orang-orang menuliskannya kembali.

- Advertisement -

Agar lebih mudah untuk diingat, maka perlu diganti dengan kata-kata atau huruf yang lebih manusiawi. Contohnya saja Anda akan membuat link pendaftaran untuk sebuah acara tertentu bisa menjadi bit.ly/form-pendaftaran.

Dengan mengganti nama link Google Drive, ini juga bisa menjadi salah satu cara agar link lebih terlihat profesional. Jika diperhatikan sekarang ini sudah ada cukup banyak orang yang mengcustom nama link Google Drive sesuai dengan nama acara atau kegunaan dari link tersebut.

Tenang saja, karena sekarang ini sudah ada banyak sekali website atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memperpendek link Google Drive dan mengcustom namanya sesuai dengan kebutuhan.

- Advertisement -

Cara Mengganti Nama Link Di Google Drive

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada berbagai macam aplikasi atau website yang bisa digunakan untuk mengganti atau memperpendek nama link di Google Drive, berikut beberapa diantaranya.

1. Cara Mengganti Nama Link Google Drive Dengan Menggunakan Bit.Ly

Salah satu layanan url shortener yang sangat populer bernama bit.ly. Website yang satu ini bukan hanya memberikan layanannya secara gratis, fitur yang disajikan juga tergolong sangat lengkap.

Jadi dengan menggunakan website ini nantinya Anda juga bisa melihat statistik dari Link yang dibuat. Contoh data statistik yang bisa anda dapatkan yaitu mengenai jumlah orang yang mengklik tautan tersebut.

Cara membuat link Google Drive dengan menggunakan bit.ly juga sangat mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

- Advertisement -
  1. Kunjungi alamat website https://bitly.com/.
  2. Untuk Anda yang belum memiliki akun, proses pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun terlebih dahulu. Jika sudah silahkan langsung saja login dengan menggunakan akun tersebut.
  3. Masukkan link Google Drive pada kolom yang disediakan.
  4. Nantinya akan muncul jendela baru. Pada bagian title bisa diisi sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu pada bagian customize back-half Anda bisa mengganti namanya sesuai dengan keinginan.
  5. Pastikan jika nama tersebut unik dan belum pernah digunakan sebelumnya.
  6. Langkah terakhir yaitu klik tombol Save.

2. Cara Mengganti Nama Link Google Drive Dengan Menggunakan Tinyurl

Situs selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk memperpendek link Google Drive bernama tinyurl. Ini juga merupakan salah satu situs dengan fitur yang sangat lengkap dan bisa diandalkan untuk mengganti nama url atau memperpendeknya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu ketika ingin menggunakannya. Walaupun Anda tidak pernah membuat akun sebelumnya, tidak perlu khawatir akan kehilangan nama lain karena situs ini akan tetap mengingat link yang telah anda buat sebelumnya.

Cara menggunakannya sendiri juga sangat mudah. Berikut langkah-langkah untuk mengganti nama link pada Google Drive dengan menggunakan tinyurl.

  1. Buka alamat situs https://tinyurl.com/.
  2.  Masukkan link url Google Drive yang sudah di copy sebelumnya.
  3. Gunakan Alias ketika ingin mengcustom link sesuai dengan kebutuhan.
  4. Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu klik tombol make tinyurl.

3. Cara Mengganti Nama Link Google Drive Dengan Menggunakan Gg.Gg

Url shortner yang tidak kalah populer dari dua situs yang sudah kami Sebutkan sebelumnya yaitu gg.gg. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh situs ini jika dibandingkan dengan situs-situs sebelumnya yaitu tampilan yang jauh lebih sederhana.

Walaupun begitu situs ini tetap memberikan fitur yang sangat bagus contohnya saja yaitu fitur tracking untuk melihat siapa saja yang mengklik tautan yang anda buat. Anda juga bisa mengcustom link Google Drive dengan sangat praktis.

Situs ini juga bisa digunakan secara gratis. Berikut langkah-langkah untuk memperpendek link atau mengubah nama link Google Drive dengan menggunakan situs gg.gg.

  1. Kunjungi situs website . 
  2. Masukkan link Google Drive pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Selanjutnya pilih opsi Customize Link untuk mengubah nama link sesuai dengan kebutuhan.
  4. Masukkan nama link setelah . 
  5. Langkah Terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu klik tombol Shorten URL.

4. Cara Mengubah Nama Link Google Drive Dengan Menggunakan S.Id

Situs selanjutnya yang bisa digunakan untuk memperpendek link Google Drive yaitu S.id. Ini adalah salah satu situs yang diciptakan orang dalam negeri. Fiturnya sendiri juga sudah sangat keren tidak kalah dari situs-situs yang berasal dari luar negeri.

Untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya bisa membuat akun gratis terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk membuat link Google Drive lebih pendek dengan menggunakan situs S.id.

  1. Kunjungi alamat website S.id.
  2. Untuk Anda yang belum memiliki akun silahkan membuat akun terlebih dahulu.
  3. Ketika sudah berhasil login, masukkan link Google Drive yang ingin diganti namanya pada kolom yang sudah tersedia.
  4. Secara otomatis website ini akan mengubah link Google Drive menjadi lebih pendek.
  5. Untuk mengubah namanya, cukup dengan klik tautan Ganti. Setelah itu Anda bisa mengubah namanya sesuai dengan kebutuhan.
  6. Untuk mengakhiri proses editing, bisa dengan klik tautan Simpan atau tombol centang berwarna biru.

5. Cara Mengganti Nama Link Google Drive Dengan Menggunakan Safelinku

Situs selanjutnya yang tidak kalah populer yang bisa digunakan untuk memperpendek url yaitu safelinku. Salah satu fitur yang cukup unik dari URL shortener yang satu ini yaitu memungkinkan penggunanya mendapatkan uang.

Untuk cara membuat link dari situs ini tidak jauh berbeda dengan beberapa situs yang sudah kami Sebutkan sebelumnya. Berikut langkah-langkah untuk memperpendek url atau link Google Drive dengan menggunakan safelinku.

  1. Kunjungi alamat website.
  2. Untuk Anda yang belum memiliki akun, silahkan langsung saja buat akun baru terlebih dahulu.
  3. Login dengan menggunakan Akun tersebut, kemudian paste link Google Drive yang ingin diperpendek pada kolom yang sudah disediakan.
  4. Buka menu pengaturan link dengan cara klik icon berbentuk gerigi pada kolom isian.
  5. Pada menu tersebut nantinya ada beberapa hal yang bisa dilakukan Contohnya yaitu menambahkan nama Alias, mengubah nama domain, dan yang terakhir yaitu menambahkan passcode sehingga hanya bisa dibuka oleh orang tertentu saja yang memiliki passcode tersebut.
  6.  Untuk menyimpannya langsung saja klik Shorten.

Link Google Drive tentunya akan terlihat lebih menarik dan juga enak dipandang ketika tidak terlalu panjang dan menggunakan kata-kata yang mudah dikenali.

Cara mengganti atau memperpendek link yang kami bagikan sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk link lain bukan hanya untuk Google Drive saja. Cara mengganti nama link Google Drive yang kami bagikan semoga bermanfaat.

- Advertisement -
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -