7 Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam Paling Efektif

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam dapat dilakukan dengan beberapa cara. HP merupakan salah satu alat elektronik yang sangat sensitif dengan yang namanya air.

Oleh karena itu, HP yang terkena air harus ditangani dengan cara yang tepat.  Karena memang resiko HP untuk mengalami kerusakan ketika terkena air cukup besar.

Apalagi jika HP anda menggunakan baterai tanam, resiko untuk mengalami kerusakan menjadi lebih besar lagi. Alasannya cukup sederhana, karena HP dengan menggunakan baterai tanam menyulitkan anda untuk melepasnya ketika terkena air.

Ini tentunya sangat berbeda ketika anda menggunakan HP yang menggunakan baterai yang bisa dilepas. Maka ketika HP Anda terkena air, bisa dengan cepat untuk melepas baterai.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir ketika mengalami masalah tersebut.  Karena ketika kamu merasa panik maka akan semakin membuat masalah semakin runyam. Ikuti beberapa tips dari kami untuk mengatasi masalah cara mengatasi HP terkena air.

baca juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

- Advertisement -

Mengatasi HP yang terkena air memang bukan merupakan hal yang mudah. Karena sejatinya HP yang terkena air memang sangat rentan mengalami kerusakan. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah HP yang terkena air.

1. Mematikan HP

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang pertama yaitu mematikan HP. Jangan sampai Anda membiarkan HP menyala begitu saja.

Biasanya ketika alat elektronik terkena air akan menyebabkan beberapa komponen rusak. Untuk mematikan HP dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan menekan tombol power dalam waktu beberapa detik.

- Advertisement -

Mungkin saja antara satu merek dengan merek lainnya cara mematikan yang berbeda, anda bisa menyesuaikan dengan merek HP yang Anda gunakan.

2. Mengeluarkan Kartu SIM Dan Juga Kartu Memori

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang kedua yaitu mengeluarkan atau melepaskan kartu SIM dan juga kartu memori.

Setelah dilepas Anda bisa mengelap terlebih dahulu kartu memori dan juga kartu SIM dengan menggunakan tisu atau menggunakan kain yang bersih.

Setelah itu, diamkan kartu memori dan juga kartu sim beberapa saat hingga benar-benar mengering atau bisa juga sambil diangin-anginkan supaya semakin cepat keringnya.

3. Mengeringkan HP Dengan Menggunakan Beras

- Advertisement -

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang cukup efektif yaitu mengeringkan dengan menggunakan beras.

Cara mengeringkan HP yang terkena air dengan menggunakan beras dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Jadi silahkan langsung saja siapkan beras satu mangkok, setelah itu masukkan HP dalam waktu beberapa saat saja. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan telah mematikan HP dan juga mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori.

4. Hindari Mengeringkan HP Dengan Hair Dryer

Sangat tidak disarankan kepada anda untuk mengeringkan HP dengan menggunakan hair dryer. Salah satu alasan utamanya yaitu karena udara yang dikeluarkan oleh hair dryer juga mengeluarkan panas.

Jadi tidak menutup kemungkinan untuk merusak beberapa komponen HP yang memang sensitif dengan panas. Selain itu, tekanan udara yang dikeluarkan juga cukup besar sehingga memungkinkan untuk membuat air yang masuk justru semakin masuk ke dalam.

baca juga: 7 Cara Mengatasi Kode Verifikasi FB Tidak Masuk

5. Membersihkan Dengan Menggunakan Tinner

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang sering dipraktekkan oleh para tukang servis yaitu membersihkannya dengan menggunakan tinner.

Ini merupakan cara yang biasa dilakukan untuk memperbaiki komponen-komponen HP yang sudah terlanjur mengalami korosi.

Caranya bisa dikatakan sangat mudah, anda tinggal mengambil tinner kemudian menggunakan kuas untuk mengoleskannya kepada beberapa bagian yang dirasa mengalami korosi.

Ketika proses sudah selesai Anda tinggal membersihkan kembali komponen-komponen tadi dengan menggunakan tisu atau kain bersih.

6. Membiarkan HP Dalam Waktu Beberapa Saat

Ketika langkah-langkah cara mengatasi HP kena air baterai tanam di atas ada dilakukan, Buka berikutnya tinggal menunggu HP ke ring dengan cara membiarkannya begitu saja.

Ini berguna untuk memastikan jika seluruh komponen sudah kering karena mungkin saja setelah melakukan cara di atas masih ada beberapa komponen yang lembab.

7. Bawa Ke Tempat Service

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan ketika semua cara sudah dilakukan dan tidak memberikan hasil yaitu membawanya ke tempat service.

Ini bisa menjadi opsi yang tepat ketika HP mati total dan anda tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki nya sendiri.

Mungkin saja Anda memiliki kemampuan untuk membeli HP baru akan tetapi mungkin data-data penting yang ada di dalamnya jauh lebih penting untuk didapatkan kembali.

baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Snack Video

Beberapa cara yang kami sarankan belum tentu akan memperbaiki masalah hp terkena air. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang kami rekomendasikan karena sangat mungkin juga bisa menyelesaikan permasalahan anda.

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Team Zulletin.com
Team Zulletin.comhttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini