Cara Menentukan Harga Jual Dengan Tepat

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cara menentukan harga jual dengan tepat menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi apakah sebuah bisnis akan sukses atau tidak. Sangat penting bagi anda untuk memberikan harga yang tepat ketika menjual produk atau jasa. 

Menentukan harga yang tepat bukan merupakan hal mudah. Karena biasanya dalam membangun sebuah bisnis ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Persaingan bisnis juga menjadi salah satu alasan mengapa harga yang tepat itu sangat penting untuk diterapkan.

Dunia bisnis di era modern memang memiliki persaingan yang sangat ketat. Hanya orang yang mampu mengambil kesempatan dalam setiap peluang yang ada yang nantinya akan berhasil memenangkan persaingan.

Memulai bisnis memang bukan merupakan hal yang mudah. Ini membutuhkan kerja keras dan ketekunan supaya nantinya bisa memberikan hasil yang baik. Tidak sedikit seseorang harus mengalami kerugian besar akibat salah dalam menerapkan strategi bisnis.

Arah persaingan di era modern semakin tidak bisa ditebak dan setiap orang harus bisa menyesuaikan dengan kondisi dengan cepat.  Jika anda tidak mampu mengikuti perkembangan zaman bukan tidak mungkin akan tertinggal dan secara perlahan akan hilang.

- Advertisement -

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

Fungsi Menentukan Harga Jual Dengan Tepat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sangat penting bagi anda untuk menentukan harga jual yang tepat ketika menjual sebuah produk atau jasa. Berikut beberapa fungsi menentukan harga jual yang tepat.

1. Menarik Konsumen

Salah satu alasan utama mengapa anda harus mengetahui cara menentukan harga jual dengan tepat yaitu adalah menarik konsumen. Dengan harga yang tentunya akan lebih menarik bagi konsumen.

- Advertisement -

Bayangkan saja ketika anda memberikan harga jual terlalu tinggi. Para konsumen akan memilih produk lain di toko lain yang mungkin memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas produk yang sama.

2. Tidak Rugi

Alasan selanjutnya yaitu adalah tidak mendapatkan kerugian. Karena ketatnya persaingan bisnis tidak jarang seorang pengusaha memberikan harga yang relatif sangat murah untuk memenangkan persaingan.

Akan tetapi ketika anda memberikan harga murah bisa saja pemasukan yang anda dapatkan tidak sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu sangat penting bagi anda memberikan harga jual sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup untuk biaya operasional.

Sampai disini seharusnya anda sudah memahami betapa pentingnya memberikan harga jual yang tepat ketika akan memulai sebuah bisnis. Menentukan harga jual yang tepat memang terlihat sederhana akan tetapi bisa memberikan dampak yang sangat besar. 

- Advertisement -

Baca Juga: Usaha Minuman Kekinian Dengan Modal Kecil

4 Cara Menentukan Harga Jual Yang Tepat

Di sini kami akan membagikan 4 cara untuk menentukan harga jual. Kami akan menjelaskan secara rinci agar anda bisa memahaminya dengan lebih mudah. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga jual.

1. Harga Markup

Harga markup biasanya dihitung dari persentase biaya total produksi. Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu adalah menentukan berapa persentase markup yang ingin digunakan. Memberikan pemahaman yang jelas kami akan memberikan sebuah contoh.

Misalkan saja anda memiliki restoran mie ayam dengan harga jual sebesar rp10.000. Disini anda ingin mendapatkan keuntungan sebesar 30%. Untuk menghitung harga jual caranya sangat mudah yaitu dengan rumus :

Harga jual = 10.000 + (10.000 x 30%) = rp13.000

Setelah dilakukan perhitungan ternyata anda mendapatkan keuntungan sebesar rp3.000. Nantinya setelah mengetahui jumlah keuntungan dalam setiap bulan anda bisa melakukan evaluasi apakah jumlah keuntungan sudah mencukupi atau belum.

Jika nantinya dianggap atau dirasa belum cukup untuk memenuhi biaya operasional maka nantinya bisa menaikkan jumlah keuntungan. Tentunya ketika melakukan sebuah bisnis harus bisa mendapatkan keuntungan jangan sampai mendapatkan kerugian.

2. Harga Margin

Ini merupakan salah satu teknik yang mungkin banyak digunakan oleh para pedagang. Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata margin. Ini merupakan salah satu kata-kata yang mungkin umum digunakan dalam matematika.

Untuk menentukan harga margin bisa dikatakan sangat mudah. Anda bisa menggunakan rumus berikut di bawah untuk menentukan harga margin.

Margin = (harga jual – harga perolehan) / harga jual

Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan itu adalah melakukan riset berapa harga jual yang diinginkan. Sebagai contohnya saja anda sudah menentukan harga jual sebesar rp15.000. Ternyata setelah dilakukan perhitungan anda bisa mendapatkan biaya produksi sebesar rp10.000. Dengan begitu cara menghitung harga margin yaitu sebagai berikut.

Margin: (15.000 – 10.000) / 15.000 = 0,33 atau 33%

3. Harga Keystone

Cara menentukan harga jual dengan tepat selanjutnya yaitu adalah dengan menggunakan harga keystone. Ini adalah metode pengaturan harga di mana barang dagangan dihargai untuk dijual kembali dengan jumlah dua kali harga grosir atau biaya perolehan produk.

Sebenarnya harga keystone ini sama dengan markup, tetapi perbedaannya nilai markup yang sangat besar, misalnya harga jual 2 kali dari biaya perolehan atau markup 100%. 

Bahkan di industri tertentu dapat mencapai 3 kali lipat dari biaya perolehan, ini bukan karena ingin mendapatkan keuntungan lipat, tetapi ada faktor seperti barang yang tidak laku akan diretur, lalu menghasilkan stok barang berlebihan atau tidak bisa dijual. 

Risiko ini menjadi lebih tinggi jika barang yang dijual memiliki tren seperti fashion yang merupakan tergantung mode.

4. Harga Yang Dianjurkan Pemilik Merek

Jika anda menjual barang dengan harga yang telah direkomendasikan oleh pemilik merek atau sering disebut msrp (manufacturing suggested retail price)), maka tidak berarti anda mengikutinya. 

Tetapi anda masih harus menghitung biaya perolehan barang tersebut. Oleh karena itu metode perhitungan yang akan sangat membantu adalah menggunakan metode harga margin, sehingga anda tahu keuntungan anda, dan dengan menjual dengan harga standar anda sudah tahu tentang berapa harga barang yang dijual oleh pesaing anda.

Menentukan harga yang tepat memang bukan merupakan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sehingga nantinya tidak mendapatkan kerugian dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Makanan Di Desa

Apa yang tidak ketika menjalankan bisnis keuntungan yang didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional. Oleh karena itu sangat penting bagi anda mempertimbangkan harga jual yang tepat agar nantinya biaya operasional bisa terpenuhi. Jika ada pertanyaan mengenai cara menentukan harga jual dengan tepat bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar.

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -