Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Layar HP mencet sendiri padahal tidak disentuh adalah permasalahan yang pernah dialami oleh hampir semua pemilik hp. Bagi orang awam, biasanya mereka langsung beranggapan bahwa touchscreennya rusak. Ini tidak sepenuhnya benar, karena bisa saja layar ponsel Anda sedang error.

Agar lebih paham, simak yuk apa penyebab dan cara mengatasi layar hp bergerak sendiri dibawah ini. 

Baca Juga: Begini Cara Menghapus Komentar Di Google Classroom

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri Beserta Cara Mengatasinya

cara mengatasi layar hp bergerak sendiri

Anda tidak perlu bingung berlebihan, karena masalah seperti ini wajar terjadi. Selain itu, ada beberapa macam error pada layar hp, seperti touchscreen mencet sendiri, loncat ketika disentuh dan meleset. Inilah beberapa penyebab yang umum terjadi: 

- Advertisement -

1. Baterai Habis

Ketika baterai hp android lemah atau hampir habis, maka secara otomatis performanya dibuat menurun. Sistem android akan menyesuaikan pengaturan di hp supaya baterai lebih hemat. Biasanya, beberapa pengaturan langsung diubah untuk menyesuaikan. Salah satunya adalah kecerahan layar yang diredupkan. 

Perlu Anda pahami, bahwasannya baterai lemah bisa menjadi salah satu penyebab touchscreen sering error. Meskipun tidak jelas apa hubungan dari kedua masalah ini, namun kenyataannya touchscreen kembali normal sesudah mengisi daya baterai android. 

2. Charger Tidak Cocok

Pernahkah Anda mengalami touchscreen sering loncat ketika disentuh? Bisa jadi charge yang Anda gunakan untuk mengisi daya baterai kurang cocok. Sebab, setiap charge memiliki output tegangan berbeda-beda.

- Advertisement -

Semisal Anda menggunakan charge milik teman yang ponselnya beda merk, ini bisa saja membuat touchscreen loncat-loncat. 

Sehingga, cara mengatasi layar HP bergerak sendiri akibat hal ini yaitu memastikan charger yang digunakan adalah original bawaan pabrik. Apabila charge original hilang, pilihlah charge dengan output sama. 

Ketika Anda menggunakan charger yang tidak cocok setiap hari, maka dampaknya bukan hanya pada layar saja. Melainkan bisa menyebabkan kerusakan baterai, seperti munculnya battery over temperature. 

Baca Juga: Cara Share Screen Di Zoom Dari HP Dan Komputer

- Advertisement -

3. Screen Guard Kotor

Screen guard adalah aksesoris yang sangat penting bagi ponsel, karena berfungsi untuk melindungi layar sehingga lebih kuat. Namun, ketika Anda menggunakan screen guard harus diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai kotor karena bisa membuat touchscreen error. 

Kotoran dan debu seringkali menempel di screen guard, sehingga menyebabkan layar tidak berfungsi dengan baik. Layar hp yang bergerak sendiri bisa juga disebabkan oleh kotoran pada screen guard. Solusinya adalah Anda harus membersihkan pelindung layar secara rutin. 

4. RAM Dalam Keadaan Penuh

RAM adalah memori yang bertugas mengatur performa ponsel ketika sedang digunakan. Apabila kapasitasnya terlalu penuh, ini menyebabkan kinerja hp android menurun. Yang paling kelihatan adalah respon yang lambat (ngelag) ketika diberikan perintah. 

Sebagai contoh, Anda memilih game Mobile Legends, namun responnya sangat lama. Ketika memencetnya kembali yang terbuka justru aplikasi Instagram. 

Jadi, RAM penuh sangat memungkinkan membuat touchscreen sering meleset ketika disentuh. Pasalnya, sistem android mengalami lag, sehingga sedikit lama untuk merespon perintah Anda. Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri akibat ram penuh adalah menutup beberapa aplikasi yang digunakan

5. Layar Panas 

Layar panas adalah dampak dari pemakaian yang berlebihan. Jika layar hp Anda panas, komponennya biasanya mengalami overheating. Salah satunya adalah menyebabkan sensitivitas touchscreen menjadi berkurang, sehingga loncat-loncat sendiri. 

Itulah pentingnya mengapa Anda perlu membatasi penggunaan hp android, jangan berlebihan. Apalagi ketika bermain game, layar panas dan telapak tangan yang basah membuat touchscreen susah disentuh. 

Apabila memang ingin memakainya untuk waktu cukup lama, siapkan kipas. Sehingga komponen ponsel tetap dingin meski digunakan lama. 

Baca Juga: Aplikasi Translate Terbaik Untuk Android Dan iOS Terbaru

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi layar hp bergerak sendiri. Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah lebih paham?

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -