Self love 2 : Memaafkan Diri Sendiri, Bagian Terpenting Sebelum Memaafkan Orang Lain

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Terkadang masa lalu memang memiliki ekspresi tersendiri. Masa lalu membuat sebagian orang dapat merasakan kecewa, sedih atau bahkan sangat pahit memilukan yang membuat memaafkan diri sendiri menjadi begitu sulit dilakukan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang lagi menganggap bahwa masa lalu adalah hal yang menyenangkan dan justru masa sekarang yang ia hadapi adalah hal yang tidak menyenagkan.

Masa lalu merupakan kejadian yang sangat netral terjadi dialami oleh semua orang dan bersifat subjektif. Masa lalu bisa bersifat menyenangkan, bisa juga bersifat tidak menyenangkan atau bahkan jika diingat rasanya cukup menyakitkan. Hal ini bergantung bagaimana kita menyikapi, mengontrol dan memegang teguh diri kita terhadap hal-hal yang membuat diri merasa tersakiti serta menjadi tidak dapat memaafkan diri sendiri.

Apa Sih Pentingnya Memaafkan ?

Bagian kedua dalam kita belajar mencintai diri sendiri adalah memaafkan. Setiap kehidupan yang dijalani pasti ada masalah yang membuat kita sulit memaafkan diri sendiri maupun orang lain. Namun, prinsip utamanya adalah kita tidak bisa menuntut dan memaksakan orang lain memberikan kebahagian untuk kita. Begitu juga sebaliknya, kita tidak bisa memenuhi semua ekspektasi orang lain untuk membahagiakan mereka.

Memaafkan diri sendiri menjadi penting, jika kita berada pada titik terendah hidup kita. Selain itu, jika ada orang lain yang berbuat tidak menyenangkan dan tidak membahagian kepada kita, maka memaafkan orang lain menjadi aspek selanjutnya. Mahatma Gandhi pernah berkata “The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong”. Memaafkan diri sendiri bisa menjadi kekuatan kita untuk melangkahkan kaki lebih jauh walaupun hidup terasa sangat berat. Apabila kita menjadi orang yang lemah, maka kita akan terus dirundung rasa kecewa dan berlarut dalam kesedihan. Tapi etika kita kuat, maka akan lebih mudah memaafkan diri sendiri atau memaafakan orang lain, bukan ?

Cara Mudah Memaafkan dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Boleh ngga sih kita marah dan kecewa dengan diri sendiri ? Jawabannya adalah boleh. Marah, kecewa, dan sedih merupakan alarm untuk diri kita agar bisa menghargai dan mencintai diri sendiri. Jangan lupa untuk cepat memaafkan diri sendiri serta memperbaiki kesalahan yang sudah diperbuat agar kita bisa lebih sayang dengan diri kita.

  • Memaafkan diri sendiri adalah kunci penting saat kita berada di titik terendah kehidupan.
    Maafkan setiap jengkal peristiwa yang membuat kita merasa terpuruk. Akan sangat sulit jika kita tidak bisa menerima semua itu. Berada dititik terendah kehidupan hanyalah sementara. Akan ada Pelangi yang menanti didepan sana, badai akan segera berlalu dan senyum akan segera terlukis. Semua akan baik-baik saja dan mencoba memaafkan diri sendiri diawali dengan rasa cinta terhadap diri sendiri secara penuh, utuh, dan sadar.
  • Buatlah nyaman diri sendiri meskipun hidup terasa sangat berat
    Terkadang kita perlu let it go semua permasalahan yang terjadi didalam hidup, sampai waktu yang menjawabnya hingga kita merasa bahwa nyaman atas ketidaknyamanan diri. Itulah awal dari kita mencintai diri kita. Mungkin kita lagi gagal kecewa patah hati sedih, kita masih tetep cinta dengan diri kita. Walaupun pada saat itu tidak ada penyelesaiannya tapi jawabannya adalah ketika kita berhasil melewati masa – masa terberat itu.
  • Merubah sudut pandang dan narasi kesalahan di masa lalu
    Merubah sudut pandang atas kejadian negative yang pernah kita lakukan, dengan cara kita melihat sudut pandang lain secara positif dan menarasikannya untuk membuat diri menjadi lebih baik. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena itu akan membuat kita tidak bisa melupakan masa lalu kita. Belajar memaklumi, untuk kemudian bisa memaafkan dan mengambil hikmah serta ilmu dari setiap kesalahan yang pernah kita perbuat.
  • Self-forgiveness terapy
    Self-forgiveness terapy bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa meditasi, mendengarkan podcast, membaca buku, me time, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Butterfly hug bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan terapi ini.
    Butterfly hug dilakukan dengan cara menyilangkan kedua tangan, lalu diletakan didepan dada sambil menepuk bahu sebelah kanan dan kiri. lalu lakukan pengambilan nafas dengan 4 kali hitungan untuk Tarik nafas, 7 kali hitungan ditahan dan 8 kali hitungan keluarkan secara pelan-pelan dan rileks agar kita melakukan ini secara sadar dan penuh. Kemudian ajaklah bicara diri sendiri. Lalu usap kedua bahu dan peluk diri kamu sendiri secara erat. Lakukan dengan keadaan rileks. Kuatkan diri kita, semua kaan baik-baik saja dan katakanlah semua akan baik-baik saja dan hanya sementara.
  • Apabila sudah merasa tidak kuat menghadapi diri sendiri maka segera hubungi psikolog.

Kali ini untuk memperkuat cara kita memaafkan diri sendiri, tulislah kesalahan dan kegagalan di masa lalu, mengucapkan kesalahan dan kegagalan di masa lalu yang sudah ditulis, tulis defense/skenario berlawanan yang membela diri kamu dari semua kegagalan di masa lalu, dan tulis apa yang bisa kamu lakukan supaya tidak mengulangi kesalahan di masa lalu. Yakinkan semua akan baik-baik saja dan kesedihan hanya sementara. Terima kasih sudah berproses!

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -