10+ Cara Merawat Baterai Laptop Gaming Agar Awet

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cara merawat baterai laptop gaming yang harus sangat diperhatikan agar nantinya baterai laptop bisa tahan dalam waktu yang lama. Di era modern seperti saat ini aktivitas bermain game menggunakan PC semakin banyak digemari oleh orang-orang.

Perkembangan dunia game sendiri bisa dikatakan sangat pesat, baik untuk game mobile maupun game PC. Salah satu hal yang sering menjadi kendala orang-orang ketika sering bermain game yaitu adalah kinerja baterai yang menurun secara drastis.

Hal ini sangat mungkin terjadi ketika memang penggunaannya tidak sesuai dengan ketentuan. Ketika bermain game tentunya Anda harus menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi seperti laptop gaming.

Harga laptop gaming sendiri bisa dikatakan sangat mahal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara merawat baterai laptop gaming agar nantinya tidak cepat mengalami degradasi.

Karena tentunya, jika sampai nantinya kinerja sudah sangat menurun anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk menggantinya.

- Advertisement -

Jika anda merupakan orang yang berkecukupan mungkin ini bukan hal yang menjadi masalah. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memiliki uang pas-pasan tentunya mengganti baterai laptop gaming terasa cukup berat.

Baca Juga: 10 Cara Memilih HP Bekas Yang Berkualitas

Cara Merawat Baterai Laptop Gaming

Merawat baterai laptop gaming dengan baik memang menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ketika memainkan sebuah game yang berat tentunya membutuhkan sumber daya yang besar.

- Advertisement -

Hal ini biasanya menyebabkan orang-orang harus memainkan laptop sambil mengisi daya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali laptop gaming yang kinerja baterainya menurun secara drastis.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan baterai laptop gaming walaupun sering digunakan untuk bermain game.

1. Menggunakan Kipas Pendingin Tambahan

Cara merawat baterai laptop gaming yang pertama yaitu adalah dengan menggunakan kipas pendingin tambahan. Ini sangat penting, sehingga nantinya bisa membantu menurunkan suhu panas yang dihasilkan ketika bermain game.

Sebenarnya pada laptop gaming yang sudah ada kipas pendingin bawaan. Akan tetapi, ini dirasa kurang cukup. Apalagi jika suhu selalu panas akan membuat performa laptop tidak maksimal. Hal ini tentunya bisa mengganggu anda ketika bermain game.

- Advertisement -

2. Batasi Waktu Pemakaian

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika menggunakan laptop untuk bermain game adalah waktu. Sangat penting bagi anda untuk tidak memaksa laptop bekerja seharian penuh tanpa diberikan waktu untuk beristirahat.

Hal seperti itu, tentunya bisa membuat baterai laptop menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan batasan waktu pemakaian agar nantinya baterai laptop gaming tidak cepat menurun performanya.

3. Jangan Membuka Aplikasi Lain Ketika Bermain Game

Ketika anda sedang bermain game tapi disarankan untuk tidak membuka aplikasi lain yang bisa membuat beban laptop semakin berat. Ketika membuka banyak aplikasi tentunya akan membuat sumber daya baterai menjadi cepat habis.

Oleh karena itu, tidak membuka aplikasi lain merupakan salah satu cara merawat baterai laptop gaming agar tetap awet. Apalagi, jika anda sedang memainkan game berat yang mungkin akan membuat laptop Anda bekerja sangat keras.

4. Atur Cahaya Layar Laptop

Agar awet, Anda juga perlu mengatur cahaya layar laptop. Usahakan untuk menyesuaikan layar laptop sesuai dengan tempat anda menggunakannya. Karena, ketika berada di dalam ruangan biasanya dengan cahaya yang tidak terlalu cerah sudah cukup.

5. Jangan Membiarkan Laptop Sampai Mati Total

Cara merawat baterai laptop gaming berikutnya yaitu adalah dengan tidak membiarkannya sampai mati total. Ini sering terjadi ketika seseorang terlalu asyik bermain game sampai akhirnya lupa jika daya baterai sudah habis.

Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat membuat baterai laptop anda menjadi cepat rusak. Usahakan segera melakukan pengisian daya ketika sudah ada peringatan bahwa baterai laptop hampir habis.

Baca Juga: Cara Menghapus Background Foto Di Word Dalam 30 Detik

6. Cabut Kabel Charger Ketika Daya Baterai Sudah 100%

Kebiasaan lain yang menyebabkan baterai menjadi cepat rusak yaitu adalah membiarkan charger tetap terpasang walaupun daya baterai sudah mencapai 100%.

Jika terlalu sering dilakukan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komponen baterai. Jika nantinya komponen baterai sudah banyak yang rusak maka akan menyebabkan kinerja menurun secara drastis.

7. Mematikan Laptop Ketika Melakukan Pengisian Daya

Cara merawat baterai laptop gaming selanjutnya yaitu adalah mematikan laptop ketika sedang melakukan pengisian daya.  Hal ini juga berguna agar nantinya proses pengisian daya yang anda lakukan tidak memakan waktu yang lama.

8. Menggunakan Charger Ori

Menggunakan charger bajakan atau KW tentunya akan sangat beresiko memberikan kerusakan pada baterai. Hal ini sangat mungkin terjadi karena tegangan yang masuk mungkin saja akan berbeda dengan spesifikasi laptop anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan pengisian daya dengan menggunakan charger ori. Karena charger ori telah didesain sesuai dengan kebutuhan laptop anda.

9. Melakukan Update Sistem Operasi

Melakukan update pada sistem operasi juga merupakan salah satu cara merawat baterai laptop gaming agar tetap awet. Ketika menggunakan sistem operasi terbaru itu artinya ada menggunakan teknologi terbaru dan mungkin telah terjadi beberapa perbaikan dari bugs pada sistem operasi sebelumnya.

10. Aktifkan Mode Power Saver

Dengan menggunakan mode Power Save, Anda bisa menghemat penggunaan daya baterai ketika pada kondisi kritis. Ini akan sangat berguna untuk membantu tidak kehabisan daya baterai ketika laptop digunakan di saat-saat genting.

11. Simpan Dengan Cara Yang Benar

Cara merawat baterai laptop gaming agar awet yang terakhir yaitu adalah  menyimpan dengan cara yang benar. Misalkan saja anda Ingin meninggalkan laptop pada waktu yang lama.

Anda bisa mengisi daya sampai penuh atau membiarkan baterai 0%. Sedangkan jika baterai bukan merupakan baterai tanam apa bisa dilepas dari komponen laptop ketika akan ditinggalkan pada waktu yang sama. 

Baca Juga: 10+ Aplikasi Investasi Saham Yang Terdaftar Di OJK

Merawat baterai laptop menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. dengan cara merawat baterai laptop gaming yang baik dan benar, akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya penurunan performa secara drastis.

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -