5 Penyebab Penjualan Shopee Menurun, Seller Harus Tahu

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Ada berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab penjualan shopee menurun. Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Tidak mengherankan jika Shopee yang memiliki banyak sekali seller dari seluruh Indonesia.

Dengan adanya banyak seller pada aplikasi shopee membuat persaingan sangat ketat. Dampak dari persaingan yang sangat ketat tersebut bisa menyebabkan produk-produk anda dengan mudah digeser oleh orang lain jika tidak melakukan strategi marketing yang tepat.

Bagi anda seller atau penjual baru mungkin akan terheran-heran ketika melihat penjualan shopee yang tiba-tiba turun drastis. Penjualan yang turun drastis di shopee ini sangat mungkin terjadi karena persaingan yang sangat luar biasa ketat.

Oleh karena itu, sebagai seorang seller kita harus selalu berusaha dan menganalisis apa yang menjadi kekurangan toko kita. Dengan begitu nantinya, bisa melakukan beberapa langkah perbaikan untuk mendapatkan kembali omset penjualan yang sudah pernah didapatkan.

Baca Juga: Cara Membuat Harga Coret Di Shopee Terbaru

Penyebab Penjualan Shopee Menurun Drastis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika ada banyak hal yang bisa menyebabkan penjualan di shopee menurun secara drastis. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan penjualan menurun secara drastis yang sudah kami rangkum untuk anda.

- Advertisement -

1. Toko Anda Terkena Pinalti

Shopee memberlakukan aturan yang cukup ketat untuk para seller. Jika anda tidak bisa memenuhi apa yang sudah ditentukan oleh shopee maka akan dikenakan poin penalti.

Jika toko anda sampai terkena poin penalti biasanya traffic akan menurun secara drastis. Ini bisa menjadi salah satu penyebab penjualan shopee menurun.

Karena, ketika pengunjung atau traffic yang datang ke toko Anda sedikit, secara otomatis akan membuat tingkat konversi penjualan juga menurun. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga performa toko tetap baik untuk menghindari poin penalti.

- Advertisement -

2. Tidak Ikut Campaign Yang Diadakan Oleh Shopee

Salah satu cara untuk mendapatkan trafik yang banyak pada aplikasi shopee yaitu adalah dengan ikut campaign. Jika anda tidak ikut, ini bisa menjadi salah satu penyebab penjualan shopee menurun.

Karena ketika toko lain mengikuti campaign dan anda tidak mengikuti tentunya akan membuat toko anda kekurangan traffic. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu ikut campaign shopee yang masih mungkin untuk diikuti oleh toko anda.

3. Penilaian Buruk Dari Pembeli

Salah satu hal yang harus sangat diperhatikan ketika berjualan pada marketplace yaitu adalah penilaian atau rating dari pembeli. Jika anda mendapatkan bintang 1 atau rating yang jelek pada aplikasi shopee ini bisa menjadi salah satu penyebab penjualan di shopee menurun.

Oleh karena itu, sangat kami sarankan kepada anda memperhatikan kualitas produk dan juga memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Ini sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan penilaian atau rating positif dari para pembeli.

- Advertisement -

Bagi Anda yang sudah terlanjur mendapatkan penilaian buruk atau bintang 1 dari pembeli maka bisa mengajukan penghapusan bintang 1 di shopee. Cara ini bisa dilakukan, agar nantinya penilaian buruk tersebut tidak mempengaruhi pelanggan lain yang ingin membeli produk Anda.

Baca Juga: Cara Menghapus Bintang Satu Di Shopee Terbaru

4. Tidak Cepat Dalam Membalas Chat

Salah satu hal yang sangat penting ketika berjualan secara online yaitu adalah menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan cepat. Ini sangat penting untuk dilakukan karena ketika anda lama membalas chat kemungkinan pembeli akan pergi ke toko lain.

Itu artinya anda sudah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pembeli. Pastikan untuk selalu membalas chat dengan cepat untuk menghindari pembeli pergi ke toko lain.

5. Banyak Produk Serupa Bermunculan

Penyebab penjualan shopee menurun selanjutnya yaitu adalah banyak produk serupa muncul. Ini menjadi salah satu hal yang mungkin jarang disadari oleh para seller atau penjual di shopee.

Semakin hari semakin banyak seller atau penjual yang ada pada shopee. Hal ini menyebabkan beberapa pelanggan anda mungkin saja berpindah ke toko lain, karena memiliki harga yang lebih murah atau penawaran yang lebih baik.

Untuk mengatasi hal ini, tidak ada cara lain selain memberikan penawaran dan juga promo-promo menarik yang memberikan nilai lebih terhadap produk Anda dari produk yang ada pada toko lain.

Baca Juga: Cara Memproses Pesanan Di Shopee Terbaru

Ketika berjualan di shopee memang harus menggunakan strategi marketing yang tepat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena tingkat persaingan di shopee sangat luar biasa. Beberapa penyebab penjualan di shopee menurun di atas, semoga bisa memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk anda para seller shopee.

- Advertisement -
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -