Cara Upload Produk Di Tokopedia Agar Jualan Laris

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cara upload produk di Tokopedia harus dilakukan dengan cara yang tepat dan benar agar nantinya barang dagangan Anda bisa laris.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace paling populer di Indonesia saat ini. Marketplace yang populer dengan warna hijau ini memang sudah memiliki banyak sekali pengguna di negara Indonesia.

Tidak mengherankan jika ada banyak sekali orang yang ingin memulai berjualan di Tokopedia. Salah satu yang sering menjadi kendala bagi seorang pemula yaitu adalah kebingungan untuk mengupload produk di marketplace Tokopedia.

Untuk menjawab kesulitan anda, Kami akan membagikan cara upload produk di Tokopedia dengan cara yang benar agar nantinya produk yang Anda jual bisa muncul pada halaman atas pencarian.

Ketika produk bisa muncul pada halaman atas pencarian nantinya akan membuat kemungkinan produk Anda bisa terjual semakin tinggi. Karena, jika anda upload produk secara asal-asalan nantinya produk yang Anda jual tidak akan muncul pada halaman atas pencarian.

- Advertisement -

Baca Juga: 10 Cara Memilih HP Bekas Yang Berkualitas

Keuntungan Berjualan Di Tokopedia

Sebelum membahas mengenai cara upload produk di Tokopedia kami akan memberitahu anda beberapa keuntungan berjualan di Tokopedia. Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika berjualan di Tokopedia.

1. Fitur Yang Sangat Lengkap

Bisa dikatakan jika Tokopedia memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membuat aktivitas jualan online semakin mudah. Fitur-fitur yang disediakan akan memudahkan anda untuk mendapatkan konsumen atau calon customer.

- Advertisement -

Anda bisa memberikan harga yang menarik agar nantinya orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Selain itu Anda juga bisa memberikan gratis ongkir dan juga voucher menarik untuk mendapatkan pembeli.

2. Dapat Digunakan Secara Gratis

Ketika anda berjualan secara online biasanya akan sangat jauh menghemat biaya. Seperti misalnya ketika Anda berjalan melalui marketplace Tokopedia. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pengusaha muda yang mungkin belum memiliki modal. Karena modal untuk mendirikan sebuah bangunan ketika ingin membuka usaha secara offline tentunya tidak sedikit.

3. Terjamin keamanannya

Keuntungan ketiga yaitu sudah terjamin keamanannya. Sudah tidak perlu diragukan lagi jika Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia. Tokopedia mampu memberikan keamanan baik kepada seller dan juga kepada para penggunanya.

- Advertisement -

Baca Juga: Cara Menghapus Background Foto Di Word Dalam 30 Detik

Cara Upload Produk Di Tokopedia

Cara mengupload produk di Tokopedia dapat dilakukan oleh siapa saja dengan cukup mudah. Apalagi interface dari aplikasi Tokopedia bisa dikatakan sangat baik sehingga memudahkan untuk para pengguna pemula memahami setiap fitur atau menu yang disediakan.

Berikut langkah-langkah cara upload produk di Tokopedia agar nantinya produk yang akan dijual bisa laris diserbu oleh pelanggan.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu adalah login ke akun Tokopedia yang sudah anda miliki sebelumnya. Silakan masukkan password dan username.

2. Setelah itu, silahkan anda lihat pada sidebar kemudian pilih Produk lalu klik Tambah Produk

3. Cara upload produk di Tokopedia selanjutnya yaitu adalah dengan menambahkan gambar. Tokopedia memberlakukan aturan maksimal 5 gambar untuk setiap produk. Agar resolusi gambar maksimal diusahakan minimal memiliki resolusi 700 x 700 px.

Agar memiliki peringkat yang baik pada halaman pencarian Anda juga bisa menambahkan video dari produk yang Anda jual. Disini anda bisa menambahkan video dengan durasi maksimal 120 detik dan ukuran maksimal 20 MB. 

4. Jika sudah, nantinya anda akan diminta untuk mengisi nama produk. Pastikan untuk mengisi nama produk dengan benar dan juga menarik agar nantinya para pembeli semakin mudah untuk menemukan produk Anda.

Ketika anda memasukkan nama produk nantinya akan muncul beberapa rekomendasi kategori. Pilih kategori sesuai dengan produk yang Anda jual.

5. Anda bisa menggunakan rekomendasi dari kategori atau juga memilih kategori sendiri sesuai yang ada pada kolom kategori. Salah satu yang penting menjadi catatan yaitu adalah memastikan jika produk yang Anda jual berada di kategori yang tepat.

Ini sangat berguna agar nantinya produk Anda lebih mudah dijangkau oleh orang-orang yang tepat. Karena jika memasukkan produk pada kategori yang salah akan membuat produk Anda semakin sulit untuk ditemukan oleh orang yang tepat atau orang yang membutuhkan barang tersebut.

6. Pada tahapan selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi detail produk seperti misalnya, kondisinya masih baru atau tidak. Salah satu bagian terpenting yaitu adalah mengisi deskripsi dari produk.

Pastikan jika Anda menuliskan deskripsi yang lengkap. Ini sangat penting agar nantinya pelanggan bisa mengetahui kondisi barang seperti apa melalui deskripsi yang anda berikan.

7. Jika anda ingin menambahkan varian maka bisa langsung saja klik Tambah Varian.

8. Kemudian pada proses selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan harga. Disini anda bisa menawarkan harga satuan dan jaga harga grosir. Jika memungkinkan Anda bisa memberikan harga grosir untuk semakin menarik perhatian pembeli. 

9. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi pengelolaan produk seperti misalnya jumlah stok dan juga nomor SKU. Di sini Anda juga harus memastikan bahwa produk Anda aktif agar nantinya bisa dilihat oleh pembeli.

10. Proses terakhir yang yang harus anda lakukan yaitu adalah mengisi berat barang dan juga ukuran barang. Pastikan untuk memasukkan ukuran dan juga berat barang yang sesuai agar tidak menjadi masalah.

11. Setelah itu Anda bisa mengatur mengenai jasa pengiriman dan juga asuransi. Lebih disarankan untuk menggunakan asuransi agar lebih aman. Dengan menggunakan Tokopedia ada juga bisa mengatur produk yang harus menggunakan pre order.

12. Sebelum mengklik tombol simpan sangat disarankan kepada anda untuk memeriksa kembali Apakah semua data yang diberikan sudah benar. Jika semua data sudah benar Anda tinggal mengklik tombol Simpan dan produk Anda sudah bisa dilihat oleh orang lain. 

Sebagai catatan saja untuk kolom yang memiliki keterangan wajib itu artinya wajib untuk Anda isi sedangkan yang tidak ada keterangan wajib, kolom tersebut bisa dikosongkan. Lebih disarankan untuk mengisinya agar nantinya produk Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk tampil dihalaman atas pencarian.

Baca Juga: Cara Membuat Harga Coret Di Shopee Terbaru

Berikut di atas cara upload produk di Tokopedia agar nanti jualan Anda bisa muncul pada halaman pertama pencarian. Jika ada pertanyaan mengenai cara upload produk di Tokopedia bisa menuliskan komentar di bawah.

- Advertisement -

Rekomendasi Hosting

Layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap dan terintegrasi. Customer support 24 jam untuk kemudahan pengelolaan website di mana saja!

Dapatkan diskon tambahan dengan kode: zulletin

Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
- Advertisement -
Dany Pradana
Dany Pradanahttps://zulletin.com/
Ordinary Man with BIG DREAMS
Artikel Terbaru
- Advertisement -
Artikel Terkait
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -